Keberanian Pemuda Indonesia Demi Meraih "Kemerdekaan"



          Sebagai putra dan putri Indonesia, hendaknya kita tidak lupa dengan hari-hari bersejarah di Indonesia, diantaranya yaitu hari sumpah pemuda yang pada waktu itu tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan.
Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia untuk memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.
Kita dapat hidup seperti sekarang ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun berjuang demi meraih kemerdekaan dengan jiwa pantang menyerah dan tidak pernah putus asa.


         
          Dalam hal ini kita patut mencontoh dari pejuang-pejuang yang gagah berani demi mempertahankan negeri tercinta ini.Untuk menjadi seperti mereka kita tak perlu berperang, apalagi untuk saling membunuh.
Yang kita perlukan hanya bersekolah dan belajar dengan giat itu pun sudah termasuk salah satu bentuk perjuangan dalam membela Negara.
Adapun isi yang terdapat dalam sumpah pemuda adalah sebagai berikut :


 " Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia."
      
" Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia."
   
" Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia."


Pada kalimat di atas tertera “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Tetapi mengapa pemuda jaman sekarang ini, mudah sekali terprovokasi dengan orang lain….?
Sehingga menimbulkan kericuhan dan mengakibatkan tawuran antar sesama.
Bukankah kepentingan bersama demi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dijadikan hal yang paling utama….?
Ada pepatah mengatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” pada pepatah tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia kita harus bersatu teguh pada satu bangsa, bahasa, dan Negara Indonesia.
Bila mana kita tidak bersatu, bangsa kita akan hancur dan runtuh akibat dari kesalahan pada diri kita sendiri.
        
          Sumpah pemuda juga tidak sekedar memperingati hari-hari bersejarah yang ada diindonesia. Tetapi, ini membuktikan bahwa pemuda Indonesia pada saat itu sangat antusias (bersemangat), untuk mempersatukan tanah air Indonesia.
Oleh karena itu kita juga harus sama, ikut berpartisipasi untuk meneruskan perjuangan para pahlawan sebagai bentuk pengabdian kita pada bangsa ini, dengan cara belajar, belajar dan belajar layaknya kita sebagai seorang pelajar.
          
          Jadi, kita sebagai putra dan putri Indonesia akan menjungjung tinggi martabat bangsa. Sebagaimana para pejuang dahulu yang berani, gigih dalam berkorban demi mencapai kemenangan (kemerdekaan).
Kita putra putri Indonesia  patut mencontoh dari pejuang-pejuang kita yang telah gugur dalam berperang untuk melawan kaum kolonialis yang menjajah negeri kita ini.
Oleh karena itu, kita putra putri Indonesia jangan sampai tergiur oleh godaan-godaan yang akan merusak moral kita.
Dengan adanya persatuan bangsa Indonesia, meskipun berbeda-beda suku bangsa dan bahasa, tapi tetap berbahasa satu bahasa Indonesia.
        
          Kita putra putri Indonesia bertanah air tanah Indonesia, siap berjuang untuk  bangsa Indonesia memberantas korupsi, minuman keras (miras), narkoba, dan lain sebagainya.
Kita semua sebagai putra dan putri Indonesia harus bisa mengejar cita-cita kita, menuntut ilmu adalah kewajiban kita semua, walaupun harus pergi ke negeri sebrang.
Kami sebagai generasi penerus, siap membangun bangsa yang adil dan bijak, dalam menghadapi permasalahan dan segala persoalan-persoalan.
Apa yang dibacakan dalam sumpah pemuda patut kita teladani bahwa, demi rakyat yang adil dan makmur, demi bangsa yang kokoh, pemuda Indonesia tidak pernah putus asa, dan tidak tergoda oleh Negara-negara lain.
        
          Kami pemuda-pemudi Indonesia bersatu padu, dalam berjuang, dalam menghadapi berbagai macam cobaan, kami akan tetap selalu sabar dan tegar menghadapinya.
Kami putra dan putri Indonesia, harus tekun dalam belajar, tekun dalam bekerja, ulet dalam menabung, agar cita-cita dan keinginan kita tercapai.
Kami putra-putri Indonesia, hidup bermasyarakat, bergotong-royong, saling bersilaturahmi dan bebagi kasih sayang, dan tidak membeda-bedakan antar sesama.
Karena kami semua sama dimata sang pencipta.
        
          Kami putra putri Indonesia akan siap menegakan kebenaran, akan melakukan keadilan, akan ku musnahkan, kebejadan, kemalasan dan akan ku musnahkan kejoliman.
Wahai pemuda harapan bangsa, kita semua adalah generasi muda masa depan, yang akan terus membela dan menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Marilah kawan..! kita jadikan pemuda pemudi yang bersatu dengan kesatuan dan persatuan kita bersama, agar terciptanya Nusantara yang bersatu padu.

Hidup Indonesia…… Merdeka!



These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

9 Responses to this post

  1. Sang Penggapai Cita-Cita on 13 November 2012 pukul 05.29

    Gimana ni sob menurut kalian...?

  2. Unknown on 13 November 2012 pukul 23.36

    bolehhhhh ya

  3. Unknown on 14 November 2012 pukul 00.03

    mmm... bagus nih den...

  4. Unknown on 14 November 2012 pukul 00.35

    pemuda harus tetap semangat untuk memajukan bangsa dan negara, suupaya bangsa indonesia tetap menjadi negara yang aman dan sejahtera...

  5. Anonim on 14 November 2012 pukul 00.40

    harapan bangsa akan lebih maju ke depannya..,
    :)

  6. Anonim on 14 November 2012 pukul 00.40

    oke nicee

  7. Anonim on 14 November 2012 pukul 00.44

    harapan bangsa akan lebih maju ke depannya..,
    :)

  8. Unknown on 17 November 2012 pukul 21.10

    amin........

  9. Sang Penggapai Cita-Cita on 30 November 2012 pukul 03.24

    amin :)

Leave a comment